Rabu, 19 Maret 2014

Hal-Hal yang Berkaitan dengan Pariwisata


Transportasi


Sudah sangat jelas sekali bahwa transportasi memang diperlukan dalam kegiatan pariwisata. Transportasi adalah sistem memindahkan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Ada beberapa macam tranportasi, diantaranya: 

Transportasi Darat
Transportasi darat adalah jenis transportasi yang sangat banyak digunakan saat melakukan perjalanan wisata, karena disamping biayanya yang murah, transportasi darat juga relatif lebih cepat. Contoh-contoh transportasi darat yang sering digunakan adalah Bus, Mobil, Motor, dan Sepeda. Bahkan tak jarang jenis angkutan tradisional pun menjadi pilihan, contohnya Becak dan Delman.



Transportasi Laut
Jenis transportasi ini biasanya digunakan oleh orang yang melakukan perjalanan wisata yang melewati sungai atau laut. Jenis angkutan yang digunakan biasanya Kapal.






Transportasi Udara
Jenis transportasi ini digunakan ketika seseorang akan melakukan perjalanan yang relatif jauh. Transportasi ini dipilih karena waktu tempuh yang relatif singkat.





Penginapan 
Penginapan sangat diperlukan bagi wisatawan sebagai tempat menginap atau tempat istirahat apabila orang tersebut berwisata lebih dari 1 hari. Ada beberapa jenis tempat menginap, diantaranya: 

1. Hotel
Hotel adalah pilihan menginap bagi sebagian wisatawan yang memiliki uang lebih, karena biasanya hotel memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, dan pasti biayanya juga sebanding dengan fasilitas yang didapatkan.




2. Penginapan
Salah satu alternatif yang bisa dipilih wisatawan untuk tempat istirahat ialah penginapan. Dengan biaya yang tidak begitu mahal wisatawan bisa menghemat pengeluaran sehingga tidak membuat kantong jebol.



3. Losmen
Losmen (dari bahasa Perancis "logement", "penghunian", lewat bahasa Belanda) adalah sejenis penginapan komersial yang menawarkan tarif yang lebih murah daripada hotel. Losmen disebut pula hotel melati.


Rumah Makan 
Dalam kegiatan wisata, rumah makan memegang peranan penting karena para wisatawan pasti memerlukan makanan dalam kegiatan wisatanya. Beberapa macam rumah makan diantaranya: 

1. Restoran

Restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.

Jenis-Jenis Restoran


1. A’la Carte Restaurant
    adalah restoran yang telah mendapatkan ijin penuh untuk menjual makanan lengkap dengan banak variasi  di mana tamu bebas memilih sendiri makanan yang mereka ingini. Tiap-tiap makanan di restoran jenis ini mempunyai harga sendiri-sendiri.

2. Table D’hote Restaurant
    ialah suatu restoran yang khusus menjual manu table d’hote, yaitu suatu susunan menu yang lengkap (dari hidangan pembuka sampai dengan hidangan penutup) dan tertentu, dengan harga yang telah ditenutkan pula.

3. Coffee Shop atau Brasserie
    adalah suatu restoran yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat di mana tamu bisa mendapatkan makan pagi, makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang cukupan. Pada umumnya sistem pelayanannya adalah denganAmerican Service dimana yang diutamakan adalah kecepatannya. Ready on plate service,artinya makanan sudah diatur dan disiapkan di atas piring. kadang-kadang penyajiannya dilakukan dengan cara Buffet atau prasmanan.

4. Cafetaria atau Cafe  
    adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya terbatas dan tidak menjual minuman yang beralkohol.

5. Canteen
    adalah restoran yang berhubungan dengan kantor, pabrik, atau sekolah, tempat dimana para pekerja dan para pelajar bisa mendapatkan makan siang dan coffee break, yaitu acara minum kopi disertai makanan kecil untuk selingan jam kerja, jam belajar ataupun dalam acara rapat-rapat dan seminar

 6. Continental Restaurant
    adalah suatu restoran yang menitikberatkan hidangna continental pilihan dengan pelayanan elaborate atau megah suasananya santai, susunannya agak rumit, disediakan bagi tamu yang ingin makan secara santai atau rileks.

7. Carvery
    suatu restoran yang sering berhubungan dengan hotel di mana para tamu dapat mengisi sendiri hidangan panggang sebanyak yang mereka inginkan dengan harga hidangan yang sudah ditetapkan.

8. Dining Room
    Dining Room yang terdapat di hotel kecil, motel atau Inn, merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis daripada tempat makan baisa. Dining Room pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel itu, namun juga terbuka bagi para tamu dari luar

9. Discotheque 
    ialah suatu restoran yang pada prinsipnya berarti juga tempat dansa sambil menikmati alunan musik. Kadang-kadang juga menampilkan live-band. Bar adalah salah satu fasilitas utama untuk sebuah diskotik. Hidangan yang tersedia pada umumnya berupa snack.

10. Fish and Chip Shop
      ialah suatu restoran yang banyak terdapat di Inggris, dimana kita dapat membeli macam-macam kripik (chips) dan ikan Cod, dibungkus dalam kertas dan dibawa pergi. Jadi makanannya tidak dinikmati di tempat itu.

11. Grill Room (Rotiserrie
      adalah suatu restoran yang menyediakan bermacam-macam daging panggang. pada umunya antara restoran dengan dapur dibatasi oleh sekat dinding kaca sehingga para tamu dapat memilih sendiri potongan daging yang dikehendaki dan melihat sendiri bagaimana memasaknya.





2. Warung Makan
Ini adalah alternatif bagi wisatawan yang ingin meminimalisir pengeluaran ketika berwisata. Karena biasanya di warung makan tersedia makanan yang beragam tetapi relatif terjangkau.


1 komentar: