Rabu, 19 Maret 2014

Sistem Pariwisata



Pariwisata adalah suatu aktivitas kompleks, yang dipandang sebagai sistem yang besar, yang mempunyai berbagai komponen seperti ekologi, ekonomi dll. Melihat pariwisata sebagai suatu sistem, berarti analisis mengenai kepariwisataan tidak dapat dilepaskan dari subsistem yang lain, seperti politik, budaya dst. Sebagai sebuah sistem , antar komponen dalam sistem tersebut menjadi hubungan interdepedensi, dimana perubahan pada salah satu subsistem menyebabkan perubahan pada subsistem lainnya sampai ditemukan kembali harmoni yang baru.
 Dalam sistem pariwisata, ada banyak aktor yang berperan dalam pergerakan sistem. Aktor tersebut adalah insan-insan yang ada pada berbagai sektor. 
      Yang termasuk masyarakat umum yang ada pada destinasi, sebagai pemilik dari berbagai sumber daya yang merupakan modal pariwisata, seperti kebudayaan. Termasuk dalam kelompok masyarakat ini juga tokoh-tokoh masyarakat, itelektual, LSM dan media masa. Selanjutnya dalam kelompok swasta adalah asosiasi usaha pariwisata dan para pengusaha. Sedangkan dalam kelompok pemerintah adalah pada berbagai wilayah administrasi, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, dan seterusnya.
 Penyelenggaraan sistem pariwisata dapat berjalan dengan sempurna bila komponen-komponen tersebut meleburmenjadi satu dan saling mendukung satu dengan lyang lainnya. Sepeti kewajiban pemerintah daerah adalah bersama-sama meencanakan, pembangunan , pengogarnisasian, pemeliharaan,dan pengawasan dengan pemerintah daerah lainnya dalam segala sektor yang mendukung kegiatan pariwisata. Pemerintah daerah instansi-instasinya , industri jasa dan masyarakat mempunyai kewajiban untuk duduk bersama sama dengan pemerintah daerah lainnya dalam mengemas paket wisata. Tindakan ini patut dilakukan karena aktivitas pariwisata tidak dapat dilakukan hanya pada satu area saja dan terseka-sekat. Akivitas pariwisata memerlukan ruang gerak dan waktu yang fleksibel. Adanya kerjasama dan komitmen akan terbentuk kemitraan yang saling mengisi, aktivitas berwisata yang memiliki 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar